VTUBE: berpikiran positif tentang menyimak iklan

Seperti yang sudah saya tulis Tentang Aplikasi VTube, sebenarnya vtube merupakan media berbagi yang mempertemukan individu atau organisasi yang ingin mempromosikan usaha atau imformasi yang mereka miliki dengan masyarakat (yang saat ini adalah para member vtube). Namun, modal yang dikeluarkan untuk promosi ini, justru dibagikan ke penyimak tayangan promosi mereka. Berbeda dengan iklan di era konvensional, bahwa modal promosi hanya berhenti di biaya untuk penayangannya saja, berdasarkan kepopuleran brand yang dipakai untuk promosi, misal: majalah, koran, radio, televisi, baliho, dll.

Di era digital ini, promosi bermetafora dan bersimbiosis mutualisme, artinya, tujuan promosi tetap sesuai target, namun cost dari promosi itu bisa berbuah pendapatan, misalnya di: blog, vlog, dll. Di vtube, mereka yang menyimak iklan akan menerima imbalan.

Apakah salah? Sepertinya tidak. (kan, informasi yang mereka sampaikan tetap tersebar, dan kemungkinan target viewnya jelas)

Lalu, bagaimana hitungannya?

Di vtube, nominal pendapatannya disebut View Point, atau disebut juga VP. Per 1 VP dihargai (saat ini) dengan Rp.14.200,-

Apa yang dilakukan untuk bisa mulai punya penghasilan dari vtube?

Kita harus mengaktifkan paket-paket view point, dan paket paket tersebut terdiri dari beberapa level ‘bintang’. Di masing masing level bintang memiliki ketersediaan jumlah paket yang berbeda, dengan nilai pendapatan VP harian yang juga berbeda, namun memiliki durasi aktif yang sama untuk setiap paketnya, yaitu 40 misi harian.

Misi harian yang harus dilakukan adalah melakukan menyimak iklan sebanyak 10 iklan, dengan ketentuan minimal 10 menit dari jarak menyimak iklan yang terakhir. Durasi menyimaknya pun cukup sebentar, sekitar 5-12 detik, tergantunga konten iklannya. Jadi, per hari kita hanya meluangkan 50 -120 detik saja untuk menyimak iklan. Kalau pun menggunakan quota internet, sepertinya tidak akan menyedot banyak quota internet kita. Cukup mudah.

Jadi, kita harus modal dulu untuk bisa mendapatkan penghasilan?

Tidak! Member baru diberikan paket gratis sebagai modal, agar kita bisa mulai mengaktifkan paket bintang 1 (level awal).

Apakah vtube memperlukan modal?

Jawabnnya, TIDAK dan YA. Tidak, karena tidak harus. Member bisa mengumpulkan VP mereka, perlahan, sesuai tahapan, hingga perlahan bisa mencapai aktifasi level bintang tertinggi yang diinginkan. Ya, member vtube bisa menginvestasikan dana mereka untuk memilih level bintang yang diinginkan. Bila menginvestasikan dana, member bisa memilih, apakan mereka ingin melakukan percepatan ‘langkah’ dalam mengumpulkan VP agar bisa mencapai level bintang yang lebih tinggi, atau memang untuk mendapatkan penghasilan secara reguler (melakukan pencairan VP setiap masa aktif paketnya berakhir).

Di bawah ini adalah tabel harga tukar paket dan potensi pendapatannya.

BINTANGJML PAKETHARGA / paketVP harianHASIL*
bintang 18@ 10 VP0.3 VP 5%
bintang 24@ 100 VP3.099 VP14%
bintang 32@ 500 VP15.75 VP17%
bintang 42@ 1.000 VP32.001 VP18%
bintang 51@ 5.000 VP162.501 VP20%
bintang 61@ 10.000 VP337.5 VP23%

* HASIL: adalah nilai persentase dari hasil bersih yang bisa diuangkan dari total VP yang bisa dikumpulkan dari paket yang diaktifkan secara full (seluruh paket yang tersedia di setiap level bintang) dalam 1 periode paket (selesai 40 misi harian); VP yang bisa diuangkan adalah total VP yang terkumpul – VP yang digunakan untuk mengaktifkan kembali paket bintang & biaya pencairan.

———

Ingin tahu tentang vtube? klik untuk mengetahui langkah-langkahnya.

———

Silakan klik untuk membaca Apakah Bisa VTube Untuk Investasi? (hanya untuk member vtube)

Leave a comment